Rabu, Desember 12, 2018

Si ZONA EKSPRESI



Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang mulai digalakkan dan dideklarasikan oleh seluruh sekolah baik tingkat SD maupun SMP di kabupaten Tangerang pada sekitar bulan Oktober, mulai memberikan dampak yang luar biasa bagi keadaan dan kondisi sekolah. Tak terkecuali di SDN Kayu Agung kecamatan Sepatan, dimana sekolah mulai berbenah untuk mencoba mengimplementasikan program Gerakan Sekolah Menyenangkan tersebut.

Salah satu jiwa dari Gerakan Sekolah Menyenangkan adalah semua anak mempunyai hak yang sama untuk mendapat pendidikan berkualitas dan gratis. Selain mengedepan hal tersebut GSM merupakan gerakan sosial untuk memberikan ruang gerak yang leluasa kepada kreativitas peserta didik. Karena, dengan ruang gerak yang leluasa dari peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya, maka semua potensi yang dimiliki peserta didik diharapkan akan dapat berkembang secara maksimal.

Gerakan Sekolah Menyenangkan mencoba untuk melakukan perubahan dalam pemikiran tentang belajar dan pembelajaran. Selain hal tersebut, didalam gerakan ini ada zona-zona khusus yang disediakan bagi peserta didik untuk mengolah informasi dan mengembangkan potensi sesuai kebutuhan. Salah satu zona tersebut adalah adanya Zona Ekspresi, yang merupakan zona yang disediakan bagi peserta didik untuk mengungkapkan emosinya pada hari itu, sehingga dengan mengetahui emosi peserta didik pada hari itu, seorang guru atau pendidik dapat mengetahui emosi peserta didik dan dapat melakukan pembelajaran dengan mempertimbangkan kondisi emosi masing-masing peserta didik pada hari itu.


#SalamInspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar