Rabu, Desember 26, 2018

CARA MEMPERPENDEK URL

Hallo Sahabat Inspirasi

Kali ini admin akan membagikan informasi tentang cara memperpendek URL. Untuk itu sebelum lanjut ke informasi tersebut, ada baiknya mengetahui apa itu URL? Apa fungsi dari URL? bagi orang yang sering berselancar di internet atau di dunia maya mereka mungkin sudah tidak asing lagi dengan URL.  URL merupakan kependekan dari “Uniform Resource Locator” merupakan serangkaian karakter (angka, huruf dan simbol) menurut standar yang sudah di tentukan, yang gunanya untuk menunjukan suatu alamat atau sumber yang terdapat di internet misalnya seperti file, dokumen dan gambar. URL yaitu suatu rangkaian karakter menurut standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan suatu alamat dari sumber, seperti file atau gambar yang ada di Internet. URL merupakan salah satu inovasi dasar dari perkembangan sejarah Internet.

Adapun fungsi dari URL yang diantaranya sebagai berikut ini:
  1. Untuk pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.
  2. Digunakan untuk memberikan nama dokumen yang terdapat pada web.
  3. Untuk memberian alamat pada setiap Web yang berisikan dokumen.
  4. Mempermudah dalam mengakses dokumen atau file melalui suatu web.
  5. Mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.
Itulah sepintas tentang pengertian dan fungsi URL. Selanjutnya kita lanjut ke topik yaitu memperpendek URL (Cekidot..... 😂😂😂😂)

Memperpendek URL atau URL shortener adalah sebuah cara mengubah alamat website/blog yang tadinya panjang menjadi lebih ringkas. Dengan menggunakan URL shortener, halaman yang kita sebar ke Internet akan terlihat lebih eye catching atau lebih nyaman dilihat dan lebih ringkas. Terutama jika Website anda yang panjang, anda harus menggunakan URL shortener untuk membuat Website anda lebih ringkas. Karena User (Pengguna Internet) lainnya tidak merasa terganggu akan Link Share kita.

Untuk memperpendek URL ini, saya sering menggunakan bitly.com. Bitly.com adalah web penyedia layanan online utility gratis untuk memendekkan alamat URL yang panjang menjadi lebih pendek, untuk di share, dan untuk mengembalikan ke alamat URL aslinya. Adapun beberapa manfaat bitly antara lain :
  • Mudah dan pendek, URL web yang panjang bisa disingkat lebih pendek dengan menggunakan bitly. 
  • Tracking URL record, yaitu menyediakan fasilitas tracking URL record dan statistiknya, cara menampilkan statistik pengguna layanan pemendek URL bitly ini juga cukup mudah dan praktis. 
  • Hide affiliate link. Mungkin karena alasan yang satu inilah banyak pengguna yang memanfaatkan bitly untuk memperpendek URL, banyak para blogger dan internet marketer yang menggunakan bitly untuk mengarahkan ke affilate linknya.
Langkah-langkah Memperpendek URL dengan Bit.ly :

1. Membuka situs Bit.ly, untuk mendaftar.


2. Lalu di Page selanjutnya anda akan di arahkan untuk mengisi Username, Email, dan Password.
3. Isi kolom-kolom tersebut secara tepat dan benar, lalu Contreng kotak yang dibawahnya, kemudian pilih Create Account. Atau Sign Up menggunakan akun Google atau media sosial.

Sampai sini anda sudah mempunyai akun di Bit.ly. Untuk menggunakannya anda bisa login dengan akun yang tadi anda daftarkan atau yang anda punya sebelumnya. Setelah anda sudah Login anda Klik Create Bitlink dan akan muncul Pop up seperti ini, Lalu anda Copy Paste URL Website yang ingin anda Perpendek seperti step berikut ini :

Setelah anda Copy Paste URL yang tadi, anda Klik Create dan anda akan mendapatkan URL yang sudah di perpendek. Setelah itu anda bisa Copy URL yang sudah anda Perpendek atau anda juga bisa langsung Share ke Facebook, Twitter, email, dan Social Media lainnya. 

Anda juga bisa Customize atau edit URL, setelah bit.ly/……. anda bisa isi dengan Nama Produk anda, Bisnis anda, atau apapun. 

 Begitulah Cara Memperpendek URL dengan menggunakan Bit.ly. Semoga bermanfaat. 😊😊😊

#SalamInpirasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar