Kamis, Mei 02, 2019

SEKELUMIT KISAH KEGIATAN FESTIVAL PENDIDIKAN SINAR MAS LAND 2019


Selasa (30/04/2019), Sinar Mas Land menyelenggarakan Festival Pendidikan Sinar Mas Land (FPSML) 2019 dengan tajuk , “Sekolah Menyenangkan untuk Pendidikan Indonesia yang Memanusiakan dan Memerdekakan”. Selain sebagai agenda tahunan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) sebagai program dan metode baru dalam dunia pendidikan; menunjukan hasil transformasi sekolah-sekolah GSM binaan Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land; serta sebagai bentuk kepedulian perusahaan pada bidang pendidikan.

FPSM tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-5 kalinya. Pelaksanaan kegiatan berlokasi di Q-Big Bumi Serpong Damai (BSD) City Kabupaten Tangerang, dihadiri jajaran direksi PT Bumi Serpong Damai Tbk, Asisten Daerah I Kabupaten Tangerang Bapak Drs. Herry Heryanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Bapak Taryono, Muhammad Nur Rizal,  ST., M.Eng, Ph.D dan istri Novi Poespita Candra selaku founder GSM, serta para tamu undangan (Kepala Sekolah, Guru dan Siswa) yang berada di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. 


Festival kali ini, menghadirkan bentuk acara pendidikan berupa pameran GSM Fair yaitu ; diisi dengan pameran sekolah model GSM, Talk Show “GSM sebagai Paradigma Pendidikan Modern”, pentas bakat, lomba pendidikan, dan pameran literasi.  GSM Fair ditujukan untuk mensosialisasikan program Sekolah Menyenangkan serta mengunjukkan hasil transformasi sekolah-sekolah binaan GSM. Program ini merumuskan konsep sekolah masa depan, yakni memberi ruang tumbuhnya keunikan potensi setiap anak manusia dengan mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memanusiakan anak didiknya. GSM Fair akan memberikan panggung bagi Sekolah Model GSM untuk memamerkan framework GSM seperti pola lingkungan positif, pola pelibatan sekolah terhadap orang tua dan masyarakat sekitar, pola pembelajaran yang relevan serta pola pengembangan karakter. Selain itu, ada pemberikan bantuan pendidikan kepada para siswa berprestasi dari jenjang SD hingga SMA, serta kepada guru-guru berdidikasi di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Sekolah binaan GSM yang ambil bagian pada kegiatan FPSML adalah SD Negeri Kayu Agung. Sekolah yang terletak di ujung utara Kabupaten Tangerang tersebut, merupakan satu dari 25 sekolah yang tepilih dari sekitar 80 sekolah GSM di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Mengusung tema boot “Peduli Bumi melalui Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosi Sosial”, sekolah ini menghadirkan ragam hasil karya dengan memanfaatkan bahan-bahan habis pakai. Melalui pameran tersebut sekolah ini mencoba mengedukasi para pengunjung yang hadir tentang pemaknaan zona-zona dalam GSM, seperti zona ekspresi, zona kebersihan, zona kehadiran, pohon pintar, dan pojok baca serta mengadirkan kembali ragam permainan tradisional. Berbeda dengan SD Negeri Kayu Agung, SD Negeri Mekarjaya dalam pameran tersebut menghadirkan konsep pagi berbagi, kamis sehat, sabtu bersih serta student of month. Selain itu melalui kegiatan tersebut, sekolah yang dipimpin oleh Bapak Supendi, S.Pd memberikan edukasi tentang keterlibatan sekolah terhadap orang tua dan masyarakat sekitar.



Tujuan utama Festival Pendidikan ini adalah sebagai wadah untuk menyatukan visi pendidikan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta mengajak para pelaku pendidikan di Indonesia untuk merefleksikan apa yang telah dicapai oleh pola pendidikan di Tangerang dan Tangerang Selatan. Kemudian melalui gelaran FPSML, menawarkan sebuah inovasi yang telah diuji cobakan di beberapa sekolah yaitu program GSM. Sehingga para pengunjung yang hadir dari acara ini mendapatkan inspirasi dan keinginan kuat untuk ikut meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Khususnya bagi siswa yang mengikuti lomba pendidikan dan pentas seni dapat terus terpacu untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan daya juang mereka untuk menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi. Selanjutnya untuk sekolah-sekolah lain yang telah melihat GSM Fair, diharapkan dapat terinspirasi untuk terlibat dalam transformasi pendidikan yang ditawarkan oleh GSM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar