Sabtu, September 22, 2018

SEPUTAR RUMAH BELAJAR

Hallo Sahabat Inspiratif....

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang Rumah Belajar.

Apa itu Rumah Belajar?  
Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru dan masyarakat luas. Portal Rumah Belajar sendiri dapat diakses pada link http://belajar.kemdikbud.go.id


Tampilan depan portal Rumah Belajar

Apa saja fitur-fitur Rumah Belajar?
Rumah Belajar memiliki fitur-fitur seperti
Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Karya Komunitas, Karya Guru, dan Karya Bahasa dan Sastra.


Fitur-Fitur Rumah Belajar

Fitur-Fitur Rumah Belajar
  • Sumber Belajar. Sumber Belajar menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik. Sumber Belajar disajikan dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, dan permainan (game online)
  • Buku Sekolah Elektronik. Buku Sekolah Elektronik menyediakan buku sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dengan berstandar nasional yang bisa dibaca secara online dan diunduh secara gratis.
  • Bank Soal. Bank Soal menyediakan kumpulan soal yang dikelompokan berdasarkan topik ajar. Selain itu, tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian secara gratis.
  • Laboratorium Maya. Laboratorium Maya menyajikan kumpulan simulasi pembelajaran yang disajikan secara interaktif dan menarik.
  • Kelas Maya. Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management Sistem (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja.
  • Peta Budaya. Peta Budaya merupakan kumpulan budaya dari seluruh Indonesia. Peta Budaya disajikan dalam gambar, video, animasi, dan permainan (game online).
  • Wahana Jelajah Angkasa. Wahana Jelajah Angkasa merupakan sarana belajar tentang ruang angkasa.
  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mencakup kegiatan dan pelatihan yang dapat diambil oleh guru secara online. Seorang guru dapat mengambil pelatihan, yang terdiri dari rangkaian diklat sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya melalui website.
  • Karya Komunitas. Karya Komunitas merupakan kumpulan materi ajar yang dikembangkan oleh komunitas. Materi ajar dikembangkan dalam multiplatfrom dan berbasis multimedia.
  • Karya Guru. Karya Guru merupakan kumpulan materi ajar yang dikembangkan oleh para guru. Materi ajar dikembangkan dalam multiplatfrom dan berbasis multimedia.
  • Karya Bahasa dan Sastra. Karya Bahasa dan Sastra merupakan kumpulan karya bahasa sastra berupa puisi, prosa, dan referensi (kamus) yang dapat diunduh atau dibaaca secara online.


Sahabat Inspiratif, demikian informasi seputar Portal Rumah Belajar, semoga bermanfaat.

BELAJAR DI MANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA

Salam Inpirasi.

1 komentar: